Say

Say

Rabu, 11 Januari 2012

Tugas 2. Semester 2 - Mail Merge

Kerjakan di Weblog Anda masing-masing dengan segala aturan yang sudah diajarkan oleh SUHU PSPB RONGGOLAWEZ21 !!!

  1. Definisi Mail Merge ?
  2. Sebutkan dan jelaskan 3 (tiga) unsur pokok Mail Merge !
  3. Sebutkan dan jelaskan tentang Database !
  4. Manfaat Database ?
  5. Contoh-contoh software aplikasi pembuat data berbasis Database !  Minimal 5.
  6. Sebutkan dan jelaskan prosedur membuat dokumen bergaya Mail Merge !
  7. Sebutkan dan jelaskan prosedur membuat Main Document (Master Surat) dalam Mail Merge !
  8. Sebutkan dan jelaskan prosedur membuat Data Source (Source Data) dalam Mail Merge !
  9. Jelaskan mengapa harus terlebih dahulu membuat Main Document dalam Mail Merge !?
  10. Jelaskan prosedur Merger "Main Document" dengan "Data Source" dalam Mail Merge !
  11. Dalam proses membuat Dokumen Mail Merge, bisa apa tidak langkahnya diubah yakni :  Pertama, membuat Data Source dahulu;  Kedua, membuat Main Document;  Ketiga, menggabungkan keduanya ?  Jelaskan dong !
  12. Dalam proses membuat Dokumen Mail Merge, bisa apa tidak langkahnya diubah yakni :  Pertama, menggabungkan Main Document dengan Data Source;  Kedua, membuat Main Document; Ketiga, membuat Data Source ?  Jelaskan lagi dong dong ah !
  13. Bagaimanakah prosedur menyimpan secara aman atas Dokumen Mail Merge yang dibuat ?
  14. Jelaskan, apa ekstensi file yang berupa Dokumen Mail Merge !
  15. Bagaimanakah cara mengenali suatu Dokumen yang sudah dibuat dan disimpan di suatu Drive, misalnya Drive D ? Jelaskan !
  16. Bagaimanakah cara membuka Dokumen Mail Merge yang sudah disimpan di suatu Drive ?
  17. Bisa diedit apa tidak,"Dokumen Mail Merge" yang sudah tersimpan di suatu Drive ?  Jelaskan dong caranya !
  18. Bisa dicopy apa tidak ,"Dokumen Mail Merge" yang sudah tersimpan di suatu Drive ?  Jelaskan dong caranya !
  19. Bisa dihapus apa tidak,"Dokumen Mail Merge" yang sudah tersimpan di suatu Drive ?  Jelaskan dong, mengapa menghapusnya ?
  20. Dokumen Mail Merge dibuat melalui Software Aplikasi, apa namanya ?
  21. Software apa sajakah  yang menjadi saudara/saudari dari software Microsoft Word ?
  22. Software Microsoft Word dan Saudara/Saudarinya masuk rumpun apakah ?  Nama Perusahaan Produsennya ? Alamatnya termasuk Websitenya ?
  23. Software Microsoft Word dan Saudara/Saudarinya,  termasuk Open Source Software  (Free Program) ataukah Close Source Software (Paid Program) ? Jelaskan!
  24. Bisakah Dokumen Mail Merge dibuat melalui Software "Ms Excel, Ms Power Point, Ms Outlook, dan Ms Publisher  ?  Mengapa demikian ?
  25. Bisakah Dokumen Mail Merge dibuat melalui Website Blogspot dan yang sejenisnya ? Mengapa demikian ?
  26. Sebutkan dan jelaskan manfaat membuat Dokumen Mail Merge ! Minimal 3.
  27. Dokumen Mail Merge yang sudah dibuat, apakah akan dicetak seluruhnya ? Mengapa demikian ?
  28. Bagaimanakah cara mencetak Dokumen Mail Merge ?
  29. Bisakah, Dokumen Mail Merge diconvert (diubah) dalam tampilan Dokumen Bergaya PDF ?
  30. Jelaskan, apakah PDF itu ?
  31. Apa kepanjangan PDF itu ?
  32. Apa tujuan membuat Dokumen PDF ?
  33. Dengan software apakah, bisa mengubah Dokumen Mail Merge ke dalam PDF Mail Merge ?
  34. Gratis ataukah Berbayar,"Software Creator PDF" itu  ? Bilamana gratis, silahkan Free Download, di manakah untuk mendapatkannya. Bilamana sudah mendapatkannya, silahkan diinstallkan ke dalam Komputer Anda !  Bilamana Berbayar, beli di manakah ? Silahkan beli, kalau memang ingin membelinya !
  35. Sebutkan dan jelaskan Keunggulan dan Kelemahan Software "Open Source"  dan Software "Close Source" ?
  36.  sumber : klik in here !!! 
    JAWABAN 
    1. Mail Merge adalah kemampuan komputer untuk mengirimkan kepada beberapa orang sekaligus dari satu sumber surat.Secara Teknis, dibutuhkan dua buah file untuk mengolahnya, yang pertama adalah isi surat sedangkan yang lainnya adalah data kepada surat tersebut di kirimkan 
    2. Database bisa dikatakan sebagai suatu kumpulan dari data yang tersimpan dan diatur atau diorganisasikan sehingga data tersebut bisa diambil atau dicari dengan mudah dan efisien. Ada tiga sampai empat tahapan yang harus dilakukan pada saat bekerja menggunakan fasilitas Mail Merge, yaitu tahapan. a. Membuat dokumen dalam bentuk kata isian. b. Membuat tabel database. c. Mengisi database. d. Menggabungkan file. Database (Bahasa Inggris), atau sering pula dieja basisdata, adalah kumpulan informasi yang disimpan di dalam komputer secara sistematik sehingga dapat diperiksa menggunakan suatu program komputer untuk memperoleh informasi dari basis data tersebut. Perangkat lunak yang digunakan untuk mengelola dan memanggil kueri (query) basis data disebut sistem manajemen basis data (database management system, DBMS). Sistem basis data dipelajari dalam ilmu informasi.
    3.Basis data(bahasa Inggris: database), atau sering pula dieja basisdata, adalah kumpulan informasi yang disimpan di dalam komputer secara sistematik sehingga dapat diperiksa menggunakan suatu program komputer untuk memperoleh informasi dari basis data tersebut. Perangkat lunak yang digunakan untuk mengelola dan memanggil kueri (query) basis data disebut sistem manajemen basis data (database management system, DBMS). Sistem basis data dipelajari dalam ilmu informasi. Istilah "basis data" berawal dari ilmu komputer. Meskipun kemudian artinya semakin luas, memasukkan hal-hal di luar bidang elektronika, artikel ini mengenai basis data komputer. Catatan yang mirip dengan basis data sebenarnya sudah ada sebelum revolusi industri yaitu dalam bentuk buku besar, kuitansi dan kumpulan data yang berhubungan dengan bisnis. Konsep dasar dari basis data adalah kumpulan dari catatan-catatan, atau potongan dari pengetahuan. Sebuah basis data memiliki penjelasan terstruktur dari jenis fakta yang tersimpan di dalamnya: penjelasan ini disebut skema. Skema menggambarkan obyek yang diwakili suatu basis data, dan hubungan di antara obyek tersebut. Ada banyak cara untuk mengorganisasi skema, atau memodelkan struktur basis data: ini dikenal sebagai model basis data atau model data. Model yang umum digunakan sekarang adalah model relasional, yang menurut istilah layman mewakili semua informasi dalam bentuk tabel-tabel yang saling berhubungan dimana setiap tabel terdiri dari baris dan kolom (definisi yang sebenarnya menggunakan terminologi matematika). Dalam model ini, hubungan antar tabel diwakili denga menggunakan nilai yang sama antar tabel. Model yang lain seperti model hierarkis dan model jaringan menggunakan cara yang lebih eksplisit untuk mewakili hubungan antar tabel. Istilah basis data mengacu pada koleksi dari data-data yang saling berhubungan, dan perangkat lunaknya seharusnya mengacu sebagai sistem manajemen basis data (database management system/DBMS). Jika konteksnya sudah jelas, banyak administrator dan programer menggunakan istilah basis data untuk kedua arti tersebut. Perangkat lunak basis data Perangkat lunak basis data yang banyak digunakan dalam pemrograman dan merupakan perangkat basis data aras tinggi (high level): • Microsoft SQL Server • Oracle • Sybase • Interbase • XBase • Firebird • MySQL • PostgreSQL • Microsoft Access • dBase III • Paradox • FoxPro • Visual FoxPro • Arago • Force • Recital • dbFast • dbXL • Quicksilver • Clipper • FlagShip • Harbour • Visual dBase • Lotus Smart Suite Approach Selain perangkat lunak di atas, terdapat juga perangkat lunak pemrograman basis data aras rendah (low level), diantaranya: • Btrieve • Tsunami Record Manager 4. Penggunaan teknologi database didunia bisnis bermanfaat menghemat waktu dan biaya karena dengan database yang terkomputerisasi kita bisa banyak menyimpan informasi seperti mencetak, memuat, menampilkan data yang akurat, memudahkan pengaksesan data, mengisolasi data untuk di standarisasikan, mengurangi redundash data dan inkonsistensi. Dan yang menjadi faktor pertimbangan bagi para pelaku bisnis dalam skala besar adalah apabila desain yang dibangun tidak cermat dapat menyebabkan hilangnya data yang di butuhkan, data yang tidak konsisten, proses update yang lambat dan lain-lain.
    5. SQL Server, dibuat oleh Microsoft. MS Access, dibuat oleh Microsoft. Oracle Database, dibuat oleh Oracle. MySQL, dibuat oleh MySQL AB. Firebird, dibuat oleh komunitas open source berdasarkan dari kode Interbase. PostgreSQL, dibuat oleh komunitas open source. DB2, dibuat oleh IBM. Masih banyak lagi sederet nama database engine yang ada di dunia ini. Anda bisa mencarinya dengan keyword ‘database engine’ atau ‘database server’.
    6. .Mail merge membantu kita untuk membuat sebuah dokumen (misalnya surat) yang isinya sama untuk penerima yang berbeda secara cepat dan mudah. Fitur ini sangat membantu terutama bila penerimanya sangat banyak. Mail merge juga dapat digunakan untuk membuat sertifikat, label, dan amplop. Untuk membuat mail merge terdiri dari 2 dokumen, yaitu: •    Dokumen Master, dokumen yang isinya sama untuk semua penerima. •    Data Source, yaitu dokumen yang isinya khusus untuk masing-masing penerima, misalnya nama dan alamat penerima. Data source dapat berupa data di Excel, Access, Contact pada Outlook dan sebagainya. Pada tutorial ini, data source menggunakan Excel, karena cara ini lebih cepat. Selain itu: •    Lebih mudah mengontrol dan menambah data baru. •    Lebih mudah membaca data yang ditampilkan di lembar kerja Excel terutama bila kita ingin memperbaiki kekeliruan seperti salah pengejaan dan sebagainya. •    Juga mempermudah menyalin data source pada dokumen Excel ke lembar kerja yang lain. Misalnya dalam membuat sertifikat pelatihan yang pesertanya lebih kurang sama, maka akan lebih mudah memilih nama pada lembar kerja tersebut dan menyalinnya ke dokumen (data source) baru. Langkah-langkah membuat mail merge adalah sebagai berikut: Tahap I Membuat Data Source •    Buat data source di Excel seperti contoh di bawah ini dan simpan dengan nama Data Surat.  Tahap II Membuat Dokumen Master •    Buat dokumen master surat di Word seperti contoh di bawah ini dan simpan dengan nama Master Surat. Beri jarak untuk menaruh nama dan alamat. Dokumen ini jangan ditutup karena kita akan lanjutkan ke langkah berikut: menggabungkan Data Source dengan Dokumen Master.  Tahap III Menggabungkan Data Source dengan Dokumen Master •    Pada Mailings tab, grup Start Mail Merge, klik Start Mail Merge. •    Selanjutnya kita akan memilih data source. •    Pada Mailings tab, grup Start Mail Merge, klik Select Recipients. •    Pilih Use Existing List, dan cari lokasi dokumen (Data Surat) pada kotak dialog Select Data Source. Kemudian klik Open untuk menampilkan kotak dialog Select Table. •    Pada kotak dialog Select Table, klik lembar kerja yang berisi sumber data dan pastikan kotak First row of data contains column headers dicentang. Kemudian klik OK. •    Sekarang kita akan menempatkan data pada masing-masing tempatnya. •    Taruh di kursor di bawah tulisan Kepada Yth., kemudian pada Mailings tab, grup Write & Insert Fields, klik Insert Merge Field dan pilih Nama •    Lakukan juga hal yang sama pada Alamat dan sekarang tampilan dokumen akan seperti contoh di bawah ini. Data ditampilkan dalam tanda kurung siku dua 7. •    Buat dokumen master surat di Word seperti contoh di bawah ini dan simpan dengan nama Master Surat. Beri jarak untuk menaruh nama dan alamat. Dokumen ini jangan ditutup karena kita akan lanjutkan ke langkah berikut: menggabungkan Data Source dengan Dokumen Master. •    Tahap III Menggabungkan Data Source dengan Dokumen Master •    Pada Mailings tab, grup Start Mail Merge, klik Start Mail Merge. •    Selanjutnya kita akan memilih data source. •    Pada Mailings tab, grup Start Mail Merge, klik Select Recipients. •    Pilih Use Existing List, dan cari lokasi dokumen (Data Surat) pada kotak dialog Select Data Source. Kemudian klik Open untuk menampilkan kotak dialog Select Table. •    Pada kotak dialog Select Table, klik lembar kerja yang berisi sumber data dan pastikan kotak First row of data contains column headers dicentang. Kemudian klik OK. •    Sekarang kita akan menempatkan data pada masing-masing tempatnya. •    Taruh di kursor di bawah tulisan Kepada Yth., kemudian pada Mailings tab, grup Write & Insert Fields, klik Insert Merge Field dan pilih Nama. •    Lakukan juga hal yang sama pada Alamat dan sekarang tampilan dokumen akan seperti contoh di bawah ini. Data ditampilkan dalam tanda kurung siku dua
    8.

    0 komentar:

    Posting Komentar

    Rabu, 11 Januari 2012

    Tugas 2. Semester 2 - Mail Merge

    Diposting oleh nininNinebhe di 22.11
    Kerjakan di Weblog Anda masing-masing dengan segala aturan yang sudah diajarkan oleh SUHU PSPB RONGGOLAWEZ21 !!!

    1. Definisi Mail Merge ?
    2. Sebutkan dan jelaskan 3 (tiga) unsur pokok Mail Merge !
    3. Sebutkan dan jelaskan tentang Database !
    4. Manfaat Database ?
    5. Contoh-contoh software aplikasi pembuat data berbasis Database !  Minimal 5.
    6. Sebutkan dan jelaskan prosedur membuat dokumen bergaya Mail Merge !
    7. Sebutkan dan jelaskan prosedur membuat Main Document (Master Surat) dalam Mail Merge !
    8. Sebutkan dan jelaskan prosedur membuat Data Source (Source Data) dalam Mail Merge !
    9. Jelaskan mengapa harus terlebih dahulu membuat Main Document dalam Mail Merge !?
    10. Jelaskan prosedur Merger "Main Document" dengan "Data Source" dalam Mail Merge !
    11. Dalam proses membuat Dokumen Mail Merge, bisa apa tidak langkahnya diubah yakni :  Pertama, membuat Data Source dahulu;  Kedua, membuat Main Document;  Ketiga, menggabungkan keduanya ?  Jelaskan dong !
    12. Dalam proses membuat Dokumen Mail Merge, bisa apa tidak langkahnya diubah yakni :  Pertama, menggabungkan Main Document dengan Data Source;  Kedua, membuat Main Document; Ketiga, membuat Data Source ?  Jelaskan lagi dong dong ah !
    13. Bagaimanakah prosedur menyimpan secara aman atas Dokumen Mail Merge yang dibuat ?
    14. Jelaskan, apa ekstensi file yang berupa Dokumen Mail Merge !
    15. Bagaimanakah cara mengenali suatu Dokumen yang sudah dibuat dan disimpan di suatu Drive, misalnya Drive D ? Jelaskan !
    16. Bagaimanakah cara membuka Dokumen Mail Merge yang sudah disimpan di suatu Drive ?
    17. Bisa diedit apa tidak,"Dokumen Mail Merge" yang sudah tersimpan di suatu Drive ?  Jelaskan dong caranya !
    18. Bisa dicopy apa tidak ,"Dokumen Mail Merge" yang sudah tersimpan di suatu Drive ?  Jelaskan dong caranya !
    19. Bisa dihapus apa tidak,"Dokumen Mail Merge" yang sudah tersimpan di suatu Drive ?  Jelaskan dong, mengapa menghapusnya ?
    20. Dokumen Mail Merge dibuat melalui Software Aplikasi, apa namanya ?
    21. Software apa sajakah  yang menjadi saudara/saudari dari software Microsoft Word ?
    22. Software Microsoft Word dan Saudara/Saudarinya masuk rumpun apakah ?  Nama Perusahaan Produsennya ? Alamatnya termasuk Websitenya ?
    23. Software Microsoft Word dan Saudara/Saudarinya,  termasuk Open Source Software  (Free Program) ataukah Close Source Software (Paid Program) ? Jelaskan!
    24. Bisakah Dokumen Mail Merge dibuat melalui Software "Ms Excel, Ms Power Point, Ms Outlook, dan Ms Publisher  ?  Mengapa demikian ?
    25. Bisakah Dokumen Mail Merge dibuat melalui Website Blogspot dan yang sejenisnya ? Mengapa demikian ?
    26. Sebutkan dan jelaskan manfaat membuat Dokumen Mail Merge ! Minimal 3.
    27. Dokumen Mail Merge yang sudah dibuat, apakah akan dicetak seluruhnya ? Mengapa demikian ?
    28. Bagaimanakah cara mencetak Dokumen Mail Merge ?
    29. Bisakah, Dokumen Mail Merge diconvert (diubah) dalam tampilan Dokumen Bergaya PDF ?
    30. Jelaskan, apakah PDF itu ?
    31. Apa kepanjangan PDF itu ?
    32. Apa tujuan membuat Dokumen PDF ?
    33. Dengan software apakah, bisa mengubah Dokumen Mail Merge ke dalam PDF Mail Merge ?
    34. Gratis ataukah Berbayar,"Software Creator PDF" itu  ? Bilamana gratis, silahkan Free Download, di manakah untuk mendapatkannya. Bilamana sudah mendapatkannya, silahkan diinstallkan ke dalam Komputer Anda !  Bilamana Berbayar, beli di manakah ? Silahkan beli, kalau memang ingin membelinya !
    35. Sebutkan dan jelaskan Keunggulan dan Kelemahan Software "Open Source"  dan Software "Close Source" ?
    36.  sumber : klik in here !!! 
      JAWABAN 
      1. Mail Merge adalah kemampuan komputer untuk mengirimkan kepada beberapa orang sekaligus dari satu sumber surat.Secara Teknis, dibutuhkan dua buah file untuk mengolahnya, yang pertama adalah isi surat sedangkan yang lainnya adalah data kepada surat tersebut di kirimkan 
      2. Database bisa dikatakan sebagai suatu kumpulan dari data yang tersimpan dan diatur atau diorganisasikan sehingga data tersebut bisa diambil atau dicari dengan mudah dan efisien. Ada tiga sampai empat tahapan yang harus dilakukan pada saat bekerja menggunakan fasilitas Mail Merge, yaitu tahapan. a. Membuat dokumen dalam bentuk kata isian. b. Membuat tabel database. c. Mengisi database. d. Menggabungkan file. Database (Bahasa Inggris), atau sering pula dieja basisdata, adalah kumpulan informasi yang disimpan di dalam komputer secara sistematik sehingga dapat diperiksa menggunakan suatu program komputer untuk memperoleh informasi dari basis data tersebut. Perangkat lunak yang digunakan untuk mengelola dan memanggil kueri (query) basis data disebut sistem manajemen basis data (database management system, DBMS). Sistem basis data dipelajari dalam ilmu informasi.
      3.Basis data(bahasa Inggris: database), atau sering pula dieja basisdata, adalah kumpulan informasi yang disimpan di dalam komputer secara sistematik sehingga dapat diperiksa menggunakan suatu program komputer untuk memperoleh informasi dari basis data tersebut. Perangkat lunak yang digunakan untuk mengelola dan memanggil kueri (query) basis data disebut sistem manajemen basis data (database management system, DBMS). Sistem basis data dipelajari dalam ilmu informasi. Istilah "basis data" berawal dari ilmu komputer. Meskipun kemudian artinya semakin luas, memasukkan hal-hal di luar bidang elektronika, artikel ini mengenai basis data komputer. Catatan yang mirip dengan basis data sebenarnya sudah ada sebelum revolusi industri yaitu dalam bentuk buku besar, kuitansi dan kumpulan data yang berhubungan dengan bisnis. Konsep dasar dari basis data adalah kumpulan dari catatan-catatan, atau potongan dari pengetahuan. Sebuah basis data memiliki penjelasan terstruktur dari jenis fakta yang tersimpan di dalamnya: penjelasan ini disebut skema. Skema menggambarkan obyek yang diwakili suatu basis data, dan hubungan di antara obyek tersebut. Ada banyak cara untuk mengorganisasi skema, atau memodelkan struktur basis data: ini dikenal sebagai model basis data atau model data. Model yang umum digunakan sekarang adalah model relasional, yang menurut istilah layman mewakili semua informasi dalam bentuk tabel-tabel yang saling berhubungan dimana setiap tabel terdiri dari baris dan kolom (definisi yang sebenarnya menggunakan terminologi matematika). Dalam model ini, hubungan antar tabel diwakili denga menggunakan nilai yang sama antar tabel. Model yang lain seperti model hierarkis dan model jaringan menggunakan cara yang lebih eksplisit untuk mewakili hubungan antar tabel. Istilah basis data mengacu pada koleksi dari data-data yang saling berhubungan, dan perangkat lunaknya seharusnya mengacu sebagai sistem manajemen basis data (database management system/DBMS). Jika konteksnya sudah jelas, banyak administrator dan programer menggunakan istilah basis data untuk kedua arti tersebut. Perangkat lunak basis data Perangkat lunak basis data yang banyak digunakan dalam pemrograman dan merupakan perangkat basis data aras tinggi (high level): • Microsoft SQL Server • Oracle • Sybase • Interbase • XBase • Firebird • MySQL • PostgreSQL • Microsoft Access • dBase III • Paradox • FoxPro • Visual FoxPro • Arago • Force • Recital • dbFast • dbXL • Quicksilver • Clipper • FlagShip • Harbour • Visual dBase • Lotus Smart Suite Approach Selain perangkat lunak di atas, terdapat juga perangkat lunak pemrograman basis data aras rendah (low level), diantaranya: • Btrieve • Tsunami Record Manager 4. Penggunaan teknologi database didunia bisnis bermanfaat menghemat waktu dan biaya karena dengan database yang terkomputerisasi kita bisa banyak menyimpan informasi seperti mencetak, memuat, menampilkan data yang akurat, memudahkan pengaksesan data, mengisolasi data untuk di standarisasikan, mengurangi redundash data dan inkonsistensi. Dan yang menjadi faktor pertimbangan bagi para pelaku bisnis dalam skala besar adalah apabila desain yang dibangun tidak cermat dapat menyebabkan hilangnya data yang di butuhkan, data yang tidak konsisten, proses update yang lambat dan lain-lain.
      5. SQL Server, dibuat oleh Microsoft. MS Access, dibuat oleh Microsoft. Oracle Database, dibuat oleh Oracle. MySQL, dibuat oleh MySQL AB. Firebird, dibuat oleh komunitas open source berdasarkan dari kode Interbase. PostgreSQL, dibuat oleh komunitas open source. DB2, dibuat oleh IBM. Masih banyak lagi sederet nama database engine yang ada di dunia ini. Anda bisa mencarinya dengan keyword ‘database engine’ atau ‘database server’.
      6. .Mail merge membantu kita untuk membuat sebuah dokumen (misalnya surat) yang isinya sama untuk penerima yang berbeda secara cepat dan mudah. Fitur ini sangat membantu terutama bila penerimanya sangat banyak. Mail merge juga dapat digunakan untuk membuat sertifikat, label, dan amplop. Untuk membuat mail merge terdiri dari 2 dokumen, yaitu: •    Dokumen Master, dokumen yang isinya sama untuk semua penerima. •    Data Source, yaitu dokumen yang isinya khusus untuk masing-masing penerima, misalnya nama dan alamat penerima. Data source dapat berupa data di Excel, Access, Contact pada Outlook dan sebagainya. Pada tutorial ini, data source menggunakan Excel, karena cara ini lebih cepat. Selain itu: •    Lebih mudah mengontrol dan menambah data baru. •    Lebih mudah membaca data yang ditampilkan di lembar kerja Excel terutama bila kita ingin memperbaiki kekeliruan seperti salah pengejaan dan sebagainya. •    Juga mempermudah menyalin data source pada dokumen Excel ke lembar kerja yang lain. Misalnya dalam membuat sertifikat pelatihan yang pesertanya lebih kurang sama, maka akan lebih mudah memilih nama pada lembar kerja tersebut dan menyalinnya ke dokumen (data source) baru. Langkah-langkah membuat mail merge adalah sebagai berikut: Tahap I Membuat Data Source •    Buat data source di Excel seperti contoh di bawah ini dan simpan dengan nama Data Surat.  Tahap II Membuat Dokumen Master •    Buat dokumen master surat di Word seperti contoh di bawah ini dan simpan dengan nama Master Surat. Beri jarak untuk menaruh nama dan alamat. Dokumen ini jangan ditutup karena kita akan lanjutkan ke langkah berikut: menggabungkan Data Source dengan Dokumen Master.  Tahap III Menggabungkan Data Source dengan Dokumen Master •    Pada Mailings tab, grup Start Mail Merge, klik Start Mail Merge. •    Selanjutnya kita akan memilih data source. •    Pada Mailings tab, grup Start Mail Merge, klik Select Recipients. •    Pilih Use Existing List, dan cari lokasi dokumen (Data Surat) pada kotak dialog Select Data Source. Kemudian klik Open untuk menampilkan kotak dialog Select Table. •    Pada kotak dialog Select Table, klik lembar kerja yang berisi sumber data dan pastikan kotak First row of data contains column headers dicentang. Kemudian klik OK. •    Sekarang kita akan menempatkan data pada masing-masing tempatnya. •    Taruh di kursor di bawah tulisan Kepada Yth., kemudian pada Mailings tab, grup Write & Insert Fields, klik Insert Merge Field dan pilih Nama •    Lakukan juga hal yang sama pada Alamat dan sekarang tampilan dokumen akan seperti contoh di bawah ini. Data ditampilkan dalam tanda kurung siku dua 7. •    Buat dokumen master surat di Word seperti contoh di bawah ini dan simpan dengan nama Master Surat. Beri jarak untuk menaruh nama dan alamat. Dokumen ini jangan ditutup karena kita akan lanjutkan ke langkah berikut: menggabungkan Data Source dengan Dokumen Master. •    Tahap III Menggabungkan Data Source dengan Dokumen Master •    Pada Mailings tab, grup Start Mail Merge, klik Start Mail Merge. •    Selanjutnya kita akan memilih data source. •    Pada Mailings tab, grup Start Mail Merge, klik Select Recipients. •    Pilih Use Existing List, dan cari lokasi dokumen (Data Surat) pada kotak dialog Select Data Source. Kemudian klik Open untuk menampilkan kotak dialog Select Table. •    Pada kotak dialog Select Table, klik lembar kerja yang berisi sumber data dan pastikan kotak First row of data contains column headers dicentang. Kemudian klik OK. •    Sekarang kita akan menempatkan data pada masing-masing tempatnya. •    Taruh di kursor di bawah tulisan Kepada Yth., kemudian pada Mailings tab, grup Write & Insert Fields, klik Insert Merge Field dan pilih Nama. •    Lakukan juga hal yang sama pada Alamat dan sekarang tampilan dokumen akan seperti contoh di bawah ini. Data ditampilkan dalam tanda kurung siku dua
      8.

      0 komentar on "Tugas 2. Semester 2 - Mail Merge"

      Posting Komentar

      my hamster